Thursday, October 10, 2019



Cloud Computing adalah istilah umum untuk apa pun yang melibatkan pemberian layanan yang di-host melalui Internet. Nama cloud computing terinspirasi oleh simbol cloud yang sering digunakan untuk mewakili Internet dalam diagram alur dan diagram. Layanan ini secara luas dibagi menjadi tiga kategori: Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS), Platform sebagai Layanan (PaaS) dan Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS). 

Jenis-jenis layanan cloud computing

Meskipun komputasi awan telah berubah dari waktu ke waktu, itu telah dibagi menjadi tiga kategori layanan luas: infrastruktur sebagai layanan (IaaS), platform sebagai layanan (PaaS) dan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS).
Penyedia IaaS, seperti AWS, menyediakan contoh server virtual dan penyimpanan, serta API yang memungkinkan pengguna untuk memigrasi beban kerja ke VM. Pengguna memiliki kapasitas penyimpanan yang dialokasikan dan dapat memulai, menghentikan, mengakses dan mengkonfigurasi VM dan penyimpanan sesuai keinginan. Penyedia IaaS menawarkan instance kecil, sedang, besar, ekstra besar, dan memori atau yang dioptimalkan komputasi, di samping instance yang disesuaikan, untuk berbagai kebutuhan beban kerja.

Dalam model PaaS, penyedia cloud host alat pengembangan pada infrastruktur mereka. Pengguna mengakses alat ini melalui internet menggunakan API, portal web atau perangkat lunak gateway. PaaS digunakan untuk pengembangan perangkat lunak umum, dan banyak penyedia PaaS meng-host perangkat lunak setelah dikembangkan. Penyedia PaaS umum termasuk Salesforce's Force.com, AWS Elastic Beanstalk dan Google App Engine.

SaaS adalah model distribusi yang memberikan aplikasi perangkat lunak melalui internet; aplikasi ini sering disebut layanan web. Pengguna dapat mengakses aplikasi dan layanan SaaS dari lokasi mana pun menggunakan komputer atau perangkat seluler yang memiliki akses internet. Salah satu contoh umum aplikasi SaaS adalah Microsoft Office 365 untuk layanan produktivitas dan email.


Layanan cloud memiliki tiga karakteristik berbeda yang membedakannya dari hosting web tradisional. Itu dijual sesuai permintaan, biasanya berdasarkan menit atau jam; elastis - pengguna dapat memiliki sebanyak atau sesedikit mungkin layanan yang mereka inginkan pada waktu tertentu; dan layanan ini sepenuhnya dikelola oleh penyedia (konsumen tidak memerlukan apa-apa selain komputer pribadi dan akses Internet). Inovasi signifikan dalam virtualisasi dan komputasi terdistribusi, serta peningkatan akses ke Internet berkecepatan tinggi, telah mempercepat minat dalam komputasi awan.


Cloud dapat bersifat pribadi atau publik. Cloud publik menjual layanan kepada siapa pun di Internet. (Saat ini, Amazon Web Services adalah penyedia cloud publik terbesar.) Cloud privat adalah jaringan berpemilik atau pusat data yang memasok layanan yang di-host ke sejumlah orang. Pribadi atau publik, tujuan dari komputasi awan adalah untuk menyediakan akses yang mudah dan dapat diukur ke sumber daya komputasi dan layanan TI.


No comments:

Post a Comment