Thursday, October 10, 2019

Konsep Virtualisasi

APA SAJA KONSEP VIRTUALISASI (VMWARE)



Apa Itu Virtualisasi

Pada Dasarnya Virtualisasi adalah Membuat Komputer di dalam Komputer, sumber daya yang digunakan seperti komputer visik pada umumnya yaitu Harddisk, RAM, Prosesor

Dalam Virtualisasi terdiri dari 2 Tipe

Hardware Level

Sesuai namanya yaitu Hardware atau perangkat keras, jenis virtualisasi ini benar-benar langsung mengena kepada perangkat keras. Contohnya adalah arsitektur dari prosesor yang digunakan akan berpengaruh terhadap hal ini. Hardware Level memiliki 2 macam tipe yaitu Full Virtualization Bare Metal Virtualization.

Full Virtualization

Teknik virtualisasi yang digunakan untuk menyediakan jenis tertentu dari virtual machine yaitu yang merupakan simulasi lengkap dari hardware yang mendasarinya.

Software yang ada pada Full Virtualization : VMware, Win4BSD, Win4Lin Pro, Adeos, dll

Para Virtualization

Teknik virtualisasi yang menyajikan antarmuka perangkat lunak untuk virtual machine yang mirip tapi tidak identik dengan perangkat keras yang mendasarinya.

Software yang ada pada Paravirtualization : Xen, TRANGO, Wind River, dll


Operating System Level

Tipe virtualisasi ini sering juga disebut dengan OS Container. Dimana aplikasi virtualisasi Menggunakan kernel dari sistem operasi yang sedang digunakan pada komputer HOST. Contoh dari tipe virtualisasi seperti ini adalah OpenVZ dan LXC.


Application Level

Tipe virtualisasi ini sering disebut dengan Application Container. Jika pada OS Level si aplikasi virtualisasi mengambil kernel dari sistem operasi yang digunakan pada host maka application level mengambil sebuah aplikasi berserta library, konfigurasi, dan semua hal yang dibutuhkan. Tipe virtualisasi seperti ini sering digunakan oleh seorang Developer untuk mempermudah pekerjaan. Contoh dari tipe virtualisasi ini adalah Docker.


#sumber
https://en.wikipedia.org/wiki/Full_virtualization
https://en.wikipedia.org/wiki/Paravirtualization

No comments:

Post a Comment