Saturday, December 14, 2019

IDE IT PENERAPAN CLOUD COMPUTING

IDE PENERAPAN CLOUD COMPUTING



 Setelah mengetahui pengetahuan tentang ilmu Cloud Computing, dalam dunia pendidikan bisa bermanfaat sebagai sarana penunjang pembelajaran, seperti di SMK PGRI 3 Malang, 
Di SMK PGRI 3 Malang, sudah menggunakan Sistem Ujian yang flexibel, entah itu Ujian Kelas Maupun Ujian Sekolah, yang dinamakan OCSCBT . dimana OCSCBT ini tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi pembantu mempermudah guru dalam mengontrol siswa, juga bisa berfungsi sebagai bank soal untuk guru sehingga guru tidak perlu pusing dalam menyongsong tahun ajaran baru, bila guru memiliki banyak bank soal.
 Akan tetapi banyak kendala dalam pengoprasian OCSCBT ini dikarenakan membutuhkan resource yang sangat besar, dalam hal server maupun koneksi jaringannya. Terutama pada fitur LKSP (Lembar Kerja Siswa Prakerin) Online.

LKSP Online adalah fitur dari OCSCBT yang berfungsi sebagai ujian yang dikumpulkan sekali dalam sebulan yang berisi materi-materi pelajaran UN (Ujian Nasional) dimana Ujian ini bertujuan agar siswa tidak lupa dengan pelajaran sekolah saat berada di tempat Prakerin (Praktek Kerja Industri). Kendala pada Fitur ini adalah Keterbatasan Bandwith dan Server,

Dengan adanya Cloud Computing LKSP online bisa menjadi lebih stabil penggunaanya dikarenakan banyaknya pengguna dan dari berbagai kota di seluruh indonesia yang akan mengakses, sehingga tidak ada lagi ke khawatiran akan adanya mati listrik, saat pengerjaan yang dimana siswa menyempatkan waktunya di sela-sela waktu prakerinnya untuk memenuhi LKSP ini terisi semuanya. 


No comments:

Post a Comment