Saturday, December 7, 2019

Satellite dan Cloud

PEMANFAATAN SATELIT RUANG ANGKASA DAN TEKNOLOGI CLOUD


Komunikasi menggunakan teknologi Internet hampir menjadi kebutuhan primer setiap orang di Indonesia. Perkembangan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pesat menyebabkan perubahan pola sistem jaringan menjadi semakin efisien. Awal mula teknologi Internet (interconnection-networking) hanya untuk menghubungkan jaringan antar komputer  berbasis Internet Protocol (IP) sebagai protokol pertukaran paket data (packet switching communication protocol). Pada perkembangannya untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia dibuatlah rangkaian Internet yang terbesar yang kemudian dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antar jaringan). Artikel ini akan membahas penggunaan teknologi sistem jaringan Internet di Indonesia.

JARINGAN SATELIT

Satelit merupakan salah satu medium yang digunakan dalam transmisi komunikasi. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan dari satu titik ke titik lainnya di atas bumi. Pada umumnya digunakan jenis satelit  Geostasioner, yang mengorbit pada titik yang sama di atas permukaan bumi dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.

Sistem transmisi data dengan jaringan satelit juga disebut dengan VSAT (Very Small Aperture Terminal). Sebenarnya VSAT merupakan stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Oleh karena itu piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit Geostasioner.

Keunggulan VSAT yakni mecakup jangkauan terjauh, dapat mencapai setengah permukaan bumi karena menggunakan relay dari satelit. Adapun kekurangannya antara lain koneksinya rentan terhadap gangguan cuaca, memakan tempat (piringan/parabola), mempunyai tingkat hambatan (latency) yang lebih tinggi dibanding kabel dan akibat jarak antara satelit dan bumi yang relatif jauh mengakibatkan adanya delay propagansi yang signifikan.

INDONESIA Memiliki satellite yang berguna sebagai jaringan internet, satelit itu bernama satelit Satria
Satelit ini diluncurkan untuk kebutuhan kebutuhan mendasar yang memerlukan kecepatan internet yang tinggi

Diantaranya

  • Pendidikan
  • Kesehatan
  • Keamanan
  • Pemerintah Daerah
  • Kuangan
Dengan adanya satelit ini memiliki kecepatan yang tinggi dan lebih stabil membuat siste yang berbasis cloud jadi lebih terbantu.

Semisal dalam sektor keuangan biasanya terkendala pada kecepatan bandwith yang tidak mencukupi sehingga membuat kadang kala transaksi dibatalkan,, 

Dalam bidang pendidikan satelit juga bisa membuat kelancaran bertukar informasi yang selama ini terkendala biaya yang mahal.


Sumber : 
https://m.kumparan.com/kumparantech/5-manfaat-satelit-internet-satria-untuk-indonesia-1r0VL27wy8f

https://aptika.kominfo.go.id/2015/12/sistem-jaringan-internet-di-indonesia/




No comments:

Post a Comment