Saturday, November 30, 2019

PEMBELAJARAN DARING DAN CLOUD COMPUTING

Cloud computing menggunakan komputer server yang sangat pesat dan cepat yang saat ini sudah digunakan oleh banyak provider yang pastinya menyediakan media server, gunanya agar sebuah instansi dalam arti disini adalah bidang pendidikan seperti sekolah maupun kampus atau sekolah tinggi dapat meminimalisirkan dana dan tempat. Karena mungkin jika tidak adanya cloud computing, sebuah sekolah, kampus dan sekolah tinggi pasti membutuhkan banyak server dan tempat untuk meletakkan server tersebut.

Pada bidang pendidikan peran cloud computing ini sangatlah penting untuk majunya dunia pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi saat ini mulai bermuculan terobosan – terobasan yang baru khususnya pada dunia pendidikan saat ini, seperti adanya E-book. Lembaga – lembaga pendidikan seperti sekolah mapun kampus sudah tidak lagi membutuhkan media buku dalam proses belajar mengajar. Para siswa/mahasiswa hanya tinggal mengunduh E-book tersebut melalui internet. Dari sini para siswa/mahasiswa sudah tidak lagi harus lagi mengeluarkan dana untuk membeli buku, mereka bisa langsung mengunduh materi yang tersedia di E-book melalui internet. Dengan ini cloud computing sudah dapat meminimalkan anggaran dana pengeluaran para pelajar yang memanfaatkan E-book.

Terlepas dari masalah E-book, jika kita melihat pada sisi kendala, di Indonesia khususnya dalam dunia pedidikan memiliki 3 Kendala besar yaitu :
  •  Kebutuhan
Jumlah daya tampung dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi adalah sangat jauh dari kebutuhan yang ada. Kemampuan ekonomi yang sangat lemah karena masih banyak keluarga yang hidup berkekurangan tidak sanggup untuk menyekolahan anak – anak mereka ke sekolah yang bermutu. Sehingga banyak dari mereka yang tidak merasakan kehadiran dari cloud computing ini.
  • Kekurangan tenaga kerja Pengajar yang berkualitas 
Dengan adanya cloud computing berbagai macam masalah dapat teratasi dari peran aktif para pelajar yang ingin mendapatkan ilmu pengetahuan tanpa harus hadir di dalam kelas. Karena dengan cloud computing dimana pun dan kapanpun para pelajar dapat mengaksesnya melalui internet. Tetapi, dengan sistem yang seperti itu jumlah pelajar di dalam kelas tidak terbatasi sehingga jika sewaktu – waktu para pelajar menghadiri kelas, yang bisa diatasi dengan adanya cloud computing justru tidak dapat dihadapi oleh para pengajar nantinya. 
Dengan demikian untuk masalah tersebut akan menjadi teratasi karena biaya penyelenggara pendidikan akan lebih murah dan masyarakat Indonesia yang tidak mampu menyekolahkan anak – anaknya seperti pada masalah (1) diatas dapat teratasi. Ditambah lagi dengan pemakaian E-book sebagai sumber pustaka sehingga bisa diberikan secara gratis kepada para pelajar. 
PENERAPAN CLOUD COMPUTING PADA GOOGLE EDUCATION 

Penerapan cloud computing dalam bidang pendidikan pastinya berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar dengan cara pengaksesan file di server menggunakan internet. Kegiatan belajar mengajar dimana adanya kegiatan memberikan dan mendapatkan informasi dari pengajar dan pelajar.
Kegiatan ini pastinya membutuhkan tatap muka langsung. Namun dengan adanya cloud computing, kini antara pengajar maupun pelajar dapat melakukan belajar mengajar dimana saja. Kini antara pengajar dan pelajar tidak membutuhkan lagi yang namanya tatap muka. Google adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan keadaan saat ini. Google menciptakan teknologi baru yang bernama GAFE atau “Google Apps For Education”. Salah satu produknya adalah Video For Education.
Google video memungkinkan kita untuk hosting dan sharing video di internal lembaga pedidikan. Sehingga para tenaga pengajar hanya perlu merekam kegiatan mengajar dirumah tanpa harus melakukan tatap muka. Dan para pelajar pun dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Tidak hanya dengan menggunakan PC , google video ini pun dapat diakses di device/ perangkat apa saja, selama perangkat tersebut terhubung melalui internet. 


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, GAFE ini dapat juga terhubung dengan teman satu kelas, satu sekolah, satu distrik dan juga dengan para pengajar. Di GAFE ini kita juga dapat mengerjakan berbagai tugas dengan cara berkolompok di tempat yang berbeda. Security pada server pun aman disaat data melakukan banyak perubahan. Dari sisi pengajar pun mereka dapat share/ mengirim tugas ke para siswa nya tanpa harus tatap muka


E-LEARNING

Perkembangan perusahaan IT di Indonesia dari di dunia sudah jauh mengalami lompatan teknologi mulai dari pemanfaatan internet secara lokal, dan pendidikn sehari – hari. Di dalam dunia pendidikan ada sebuah trend yang sudah berjalan saat ini yaitu model pembelajaran jarak jauh atau sering kali disebut dengan E-Learning.
Sekarang banyak sekolah dan institusi pendidikan yang memanfaatkan E-Learning untuk pendidikan salah satunya adalah Universitas Gunadarma. Universitas Gundarma menyediakan E-Learning supaya mahasiswa dapat Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran dengan Perngakat Komputer, Pembelajaran Formal dan Informal, Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing. Dimana E-Learning ini pastinya memudahkan para Mahasiswa untuk mengakses banyak materi untuk banyak matakuliah.
Berikut adalah tampilan E-Learning Universitas Gunadarma

 
sumber: https://adilalaras.wordpress.com/2017/04/01/implementasi-cloud-computing-dalam-bidang-pendidikan/
 

No comments:

Post a Comment